Gangguan pendengaran didefinisikan sebagai kemampuan untuk mendeteksi suara dengan amplitudo rendah sebagian atau seluruhnya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor biologis dan lingkungan. Tidak dalam semua kasus, seseorang kehilangan kemampuan pendengarannya yang lengkap, tetapi yang paling sering terjadi adalah mereka gagal mendeteksi suara sekecil apa pun yang mereka deteksi secara alami. Usia onset dan tingkat keparahan mengklasifikasikan jenis gangguan pendengaran.

Alat bantu dengar adalah anugerah bagi orang-orang yang tidak dapat mendengar. Ada alat bantu dengar yang dirancang secara digital yang menghadirkan keajaiban di telinga Anda. Mereka membantu Anda tidak hanya untuk mendengar tetapi juga mendeteksi suara yang paling tenang yang diterima telinga secara alami. Selain itu, ada alat bantu yang dapat mendeteksi suara sesuai dengan lingkungan pendengar untuk menikmati suara secara alami.

Tingkat kenyaringan mengukur tingkat keparahan gangguan pendengaran. Seseorang mungkin mengalami gangguan pendengaran dengan gangguan pendengaran ringan, sedang atau berat. Ini terutama diklasifikasikan menjadi tiga jenis, saraf / sensorik-saraf, konduktif, atau kombinasi keduanya. Solusi untuk gangguan pendengaran ini diberikan berdasarkan jenis gangguan pendengaran. Ada banyak sekali merek dengan serangkaian produk yang dijajarkan untuk menawarkan solusi terbaik bagi tunarungu.

Kehilangan pendengaran konduktif terjadi ketika amplifikasi suara tidak dilakukan di telinga luar atau tengah, yang umumnya merupakan gangguan ringan atau sedang. Tapi kehilangan saraf sensorik adalah cacat untuk mendeteksi suara di telinga bagian dalam yang bisa ringan, sedang atau berat. Alat bantu dengar harus dipilih untuk jenis gangguan sehingga dapat memenuhi kebutuhan orang dengan gangguan.

Ada banyak jenis solusi pendengaran. Behind the ear (BTE), in the ear (ITE), in the canal (ITC) dan complete in the canal (CTC) adalah gaya alat bantu dengar yang memberikan solusi untuk gangguan pendengaran. Biaya investasi tidak boleh menjadi parameter saat memilih perangkat. Sebaliknya, alat bantu dengar yang memberikan solusi untuk tingkat audibilitas seseorang yang telah hilang harus menjadi parameter untuk memilih alat bantu dengar Anda.

Gangguan pendengaran dengan permulaan usia secara bijaksana diklasifikasikan menjadi dua kategori, tuli pra-bahasa dan tuli pasca-bahasa. Jenis tuli ini diklasifikasikan berdasarkan sebelum atau sesudah penguasaan suatu bahasa. Beberapa mungkin tidak mendengar suara frekuensi rendah, beberapa suara frekuensi tinggi sementara beberapa orang tidak dapat membedakan suara. Selain semua jenis ini, ada satu lagi jenis gangguan pendengaran unilateral di mana seseorang hanya dapat mendengar dengan baik di satu telinga dan tidak di telinga yang lain.

Solusi dari masalah pendengaran ini hadir dengan alat bantu dengar digital. Alat bantu digital ini mengubah suara menjadi kode digital yang mentransmisikan ulang suara dengan menggunakan perhitungan matematis. Massa yang lebih luas dari budaya tuli percaya bahwa solusi pendengaran ini telah merevolusi pendengaran.

Alat bantu dengar tidak memberikan solusi pendengaran tetapi juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti Telecoil atau FM untuk meningkatkan amplifikasi. Mereka juga memiliki berbagai macam kualitas, gaya dan warna untuk dipilih. Beberapa merek terbaik yang tersedia di pasar adalah Rexton, Songbird, Starkey, Phonak, Siemens dan Unitron.

Anatomi telinga manusia terdiri dari bagian-bagian penting yang saling berkesinambungan fungsinya satu sama lainnya. Mengalami gangguan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya. Alat bantu dengar dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi dan tetap dapat berinteraksi dengan sekitar. Banyak pusat alat bantu dengar yang jual alat bantu pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *