Tropical Tobacco, Inc. — menjalankan bisnis sebagai AGANORSA Leaf — telah menggugat Mombacho Cigars SA atas penggunaan kata Mombacho oleh perusahaan tersebut .

Dalam gugatan yang diajukan kemarin di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan Florida, Tropical menuduh bahwa Mombacho Cigars SA secara sengaja melanggar merek dagang merek Mombacho. Ini yang terbaru dari kisah panjang penggunaan kata Mombacho di AS yang telah menimbulkan sengketa hukum lainnya.

Nama merek dagang Tropis pada tahun 2003 dan dianugerahi merek dagang oleh US Patent and Trademark Office (USPTO) pada tahun 2004; itu juga dianugerahi merek dagang lain pada tahun 2012. Ini menggunakan nama pada cerutu yang disebut Mombacho Thermonuclear, meskipun versi saat ini dikenal sebagai Mombacho Miami .

Mombacho Cigars SA memiliki merek dagang untuk Mombacho di Kanada dan Uni Eropa. Ia mulai menjual cerutu dari pabriknya di Granada, Nikaragua sebelum memperluas distribusi ke AS. Pada satu titik, ia menjual cerutu di AS dengan nama Tierra Volcan — sementara menggunakan nama Mombacho di negara lain — tetapi akhirnya beralih ke Mombacho di Amerika

Pada tahun 2016, Mombacho Cigars SA meminta USPTO untuk membatalkan merek dagang Tropical , mengklaim bahwa perusahaan tersebut tidak lagi menjual cerutu dengan nama Mombacho dan karena itu telah meninggalkan merek dagang tersebut. Tropical menanggapi, dengan alasan masih menjual cerutu dengan nama Mombacho, meski tidak banyak.

Dokumen dari Tropical menunjukkan penjualan cerutu Mombacho dimulai dengan 100 kotak cerutu pada tahun 2004, memuncak pada 766 kotak pada tahun 2006 dan kemudian tinggal antara 71-103 kotak antara tahun 2008-2011. Pada 2012, perusahaan hanya menjual enam boks, disusul lima tahun kemudian dan hanya dua boks pada 2014.

Pada tahun 2018, USPTO memutuskan mendukung Tropical , menemukan bahwa Mombacho Cigars SA tidak dapat membuktikan klaim bahwa Tropical gagal menjual kotak selama periode setahun dan dengan demikian, menolak untuk memberikan petisi untuk membatalkan merek dagang dengan alasan ketidakaktifan. Saat itu, Mombacho Cigars SA menyatakan akan terus menjual cerutu di AS dengan menggunakan nama Mombacho.

Sekarang, Tropical telah melakukan ofensif dan menuntut Mombacho Cigars SA atas pelanggaran merek dagang dan persaingan tidak sehat. Dalam gugatannya, perusahaan tersebut meminta perintah yang akan menghentikan Mombacho Cigars SA dari menjual cerutu dengan nama Mombacho di AS, ganti rugi, dan biaya pengacara.

“Mombacho Cigars SA berharap dapat bertahan dari serangan tidak beralasan ini oleh pemain yang lebih besar di industri ini,” kata Cam Heaps, presiden Mombacho Cigars SA, dalam sebuah pernyataan kepada halfwheel .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *